Enaknya Naik Bus Patas Trans Jogja

Hari senin, 18 Februari 2008 Bus Patas Trans JOgja resmi di operasionalkan. Karena masa ujicoba, maka tarif sekali jalannya cuma dikenakan RP 1000,-. Aku jadi penasaran ingin mencobanya.

Habis pulang kerja, dari Jombor aku naik angkutan Jombor-Prambanan sampai colombo depan UNY. Di sana aku tanya ke petugas halte bus trans jogja jalur berapa yang lewat ke UIN. Katanya jalur 1B. Aku langsung ngasih uang Rp 1000,- untuk tarifnya. Aku kira akan diberi tiket, ternyata enggak. Beberapa saat kemudian bis jalur 1B datang, aku pun naik. Waw, pada saat masuk ke bis suasananya enak banget, full AC, wangi dan bersih. Beda banget dengan suasana bis kota biasanya. Cuma karena kebetulan penuh, aku berdiri deh. Ga sempat deh merasakan empuknya kursi jok bus trans. Aku berencana untuk naik bis patas trans lagi kalau pergi kerja besok pagi.

Selasa, 19 Februari 2008 aku pun naik bis patas trans jalur 2A ke Jombor dari halte jl.colombo (depan UNY). Kebetulan kali ini bisnya kosong, jadi aku bisa duduk. Ternyata enak banget kursi joknya dan sekarang di tambah full musik lagi dari radio bis. Walaupun pagi ini aku harus menunggu bis sekitar 10 menitan dan juga harus jalan beberapa meter menuju halte.

Namun sayangnya ga ada bis trans yang langsung dari Jombor ke Jl. Solo. Jadinya aku harus 2 kali naik bis kalau mau berangkat atau pulang dari Jombor. Untungnya sih sekarang cuma bayar Rp 1000,- sekali jalan, jadi cuma habis Rp 4000,- sehari. Tapi kalau nanti sudah berlaku yang Rp 3000,- atau Rp 2700,- sekali jalan, aku bisa jadi benar-benar boros sampai harus habis Rp 12.000,- per hari pulang pergi kerja. Entahlah, apakah aku akan seterusnya menggunakan bis patas trans jogja ini atau enggak. Memang sih benar-benar nyaman dan aman naik bis ini, cuma kebetulan aja rutenya ga pas dengan tempat kerjaku. Selain itu bis trans jogja pun beroperasi dari jam 6 pagi s/d 10 malam. Jadi yang ga punya kendaraan sendiri pun sekarang bisa bepergian malam hari, tanpa harus naik taksi. Ga seperti dulu, aku yang ga punya kendaraan sendiri ga bisa kemana-mana kalau malam karena ga ada bis kota yang sampai malam.

2 thoughts on “Enaknya Naik Bus Patas Trans Jogja

  1. Sekedar informasi, mbak Lina, bahwa utk tiket TransJogja, ada mekanisme transit atau berpindah. Bila BERPINDAH JALUR DALAM SATU HALTE maka tidak dikenakan pungutan tiket lagi.
    Khusus bagi tiket langganan, diberikan keleluasan untuk BERPINDAH HALTE DAN BERPINDAH JALUR (dalam durasi 1 jam) tanpa dikenakan pungutan lagi…

  2. Oh, gitu mas. Kalau tiketnya bukan langganan, keleluasan untuk BERPINDAH HALTE DAN BERPINDAH JALUR (dalam durasi 1 jam) tanpa dikenakan pungutan lagi berlaku ga ?

Leave a Reply

