Asyiknya Mudik, Indahnya Kebersamaan

Suasana mudik 5-6 Juli 2008 kemarin merupakan mudik yang paling menyenangkan bagi ku. Walaupun Cuma 2 hari, tapi aku bisa menikmati kebersamaan dengan keluarga besarku. Bertemu dengan kakak-kakakku dan juga keponakan-keponakanku yang lucu-lucu, dan tentunya ortuku.

Disela-sela kesibukanku bekerja, aku menyempatkan pulang untuk beberapa hal keperluan. Dan tentunya yang paling penting, aku ingin bertemu keponakan-keponakanku yang lagi pada libur sekolah. Mereka biasanya pada ngumpul di rumah ortuku.

Aku berangkat dari Jogja jam 7, malam sabtu. Awal persinggahanku adalah ke tempat kakakku yang ke-4 yang di Ciamis. Sampai di Ciamis pukul 2.30 pagi hari sabtu. Alhamdulillah aku di jemput oleh kakakku di alun-alun Ciamis.

Ketika sudah sampai di rumah kakakku, keponakan-keponakanku masih tidur. Tapi sama kakakku langsung dibangunkannya. Dan mereka langsung bisa bangun. Ternyata kata kakakku mereka sudah tahu bahwa aku akan datang malam ini. Ohhh, senangnya, mereka ternyata juga pada kangen sama aku(tantenya), he..he…

Bangun tidur, anak kakakku yang pertama (Wildan) langsung minta foto(melihat aku bawa HP + kamera).

Lucunya, anak kakakku yang kedua (Haura) malah ga mau di foto, sakit katanya. Padahal dari kecil dia belum pernah di foto. Sehingga kakakku mengharapkan banget sekarang ini pas lucu-lucunya dia mau di foto. Tapi akhirnya mau juga di foto.

Haura 'Aini Az-Zahra'

Haura Aini Az-Zahra

Hari sabtu, sekitar jam 9.30, aku pamit dari kakakku mau melanjutkan perjalananku ke Tasikmalaya menuju tempat kakakku yang sedang berjualan di pasar cikurubuk. Wildan ikut bersamaku, karena sudah tidak sabar ingin bertemu saudara-saudaranya di Cibantar (Kampung rumah ortuku). Sampai di pasar Cikurubuk pukul 11.30. Aku Cuma mampir sebentar di sana.

Jam 1 siang aku sudah naik bis menuju kampung halamanku, rumah ortuku di cibantar. Sampai rumah jam 4.30 sore. Waktu itu bapakku tidak ada di rumah, lagi beresin jemuran padi, karena barusan habis panen.

Besoknya, hari minggu aku dan keponakan-keponakanku mulai foto-foto. Karena sudah lama tidak foto-foto bersama di rumah, mumpung lagi pada kumpul.

Rame-rame di rumah ortu

Rame-rame di rumah ortu

Lagi asyik-asyiknya foto, eh kakakku yang dari Ciamis ngajak main ke pantai. Katanya kasihan Wildan belum pernah main ke pantai. Dia belum tahu laut yang sebenarnya, hanya lihat di TV. Wah..wah asyik dech, semuanya pada ikut kecuali ortuku. Soalnya pakai mobil truk milik kakakku yang biasa buat angkut kelapa. he..he..he…Ga pa2 yang penting rame-rame.

Keponakanku lagi foto rame-rame di pantai

Keponakanku lagi foto rame-rame di pantai

Berangkat pukul 10, pulang lagi pukul 1.30. Di pantai cuma foto-foto aja. Soalnya aku kan mau balik lagi ke Jogja sore ini. Untugnya aku bisa ikut mobil kakakku sampai agen budiman di Tasik, karena kakakku juga mau pulang ke Ciamis.

Ini juga foto keponakanku di pinggir pantai

Ini juga foto keponakanku di pinggir pantai

Sampai aku naik bis perjalanan ke Jogja, aku ga merasa cape sedikitpun. Dari Tasik jam 7.30 malam, sampai Jogja jam 3.30 pagi hari senin. Besoknya aku langsung masuk kerja jam 8.

Aduhhh, ternyata pas bangun tidur, badanku terasa sakit dan pegal2 semua. Baru terasa sekarang akibat mudik kemarin yang ga sempat istirahat di rumah karena waktu yang sangat sempit. Tapi ga pa2 lah, yang penting rasa cape ku terobati dengan membawa kenangan dan foto ceria keponakan-keponakanku yang lucu-lucu.

Inilah arti dari sebuah keluarga dan manfaat dari silaturahmi. Apa jadinya dan bagaimana rasanya jika kita tidak punya keluarga sebagai tempat untuk berkumpul bersama ????.

2 thoughts on “Asyiknya Mudik, Indahnya Kebersamaan

  1. pertamaxxx

    setuju banget Lin
    pulang ke rumah seperti me-recharge tubuh & pikiran
    ketemu dengan keluarga, kakak, adik, sepupu, & keponakan
    semuanya bikin kita ‘lupa sementara dgn kesusahan di perantauan’

    fnally, selamat bekerja kembali
    Jogja kota yang indah & menyenangkan
    buatku, Tasik kota tercinta, tenang & menenangkan

    :: Aji ::

  2. Terima kasih mas Aji kunjungannya ke blogku. Ternyata aku baru ingat, bahwa aku pernah bekunjung juga ke blog mas Aji, ketika nyari jadwal pertandingan bulutangkis Djarum Indonesia Open. Orang sunda juga yach…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s