Danamon Award : Penghargaan Bagi Para Pejuang Masa Kini

Seperti biasa, kalau hari sabtu aku bisa nonton TV di siang hari. Begitu juga tanggal 16 Agustus 2008. Pada pukul 13.30 aku menonton TransTV. Ternyata hari itu ada acara spesial yaitu ”Danamon Award”. Karena belum tahu sebelumnya, aku jadi penasaran. Apa gerangan ”Danamon Award” itu ?

Ternyata ”Danamon Award” itu adalah penghargaan yang diberikan oleh Bank Danamon kepada sebuah organisasi/lembaga/perusahaan maupun individu yang peduli pada pemberdayaan masyarakat disekitarnya. Bisa dibilang inilah bentuk penghargaan bagi para pejuang di masa kini.

Beberapa nominasi pada ”Danamon Award” ini adalah :

  • Kategori Perusahaan Nirlaba

Kategori ini dimenangkan oleh Forum Lingkar Pena yang didirikan oleh Helvy Tiana Rosa. Forum Lingkar Pena ini secara suka rela mendidik masyarakat untuk menjadi penulis profesional. Sehingga hasil karya mereka bisa diterbitkan dan tentunya mendapatkan uang.

  • Kategori Perusahaan Besar dengan Omset di atas 10 Milyar per Tahun

Kategori ini dimenangkan oleh Sebuah Radio Papua yang secara mandiri memposisikan diri menjadi media/sarana informasi di pedalaman Papua. (maaf saya lupa nama lengkap radionya)

  • Kategori Perusahaan Menengah dengan Omset antara 1-10 Milyar per Tahun

Kategori ini dimenangkan oleh Saung Angklung Ujo yang secara konsisten memajukan budaya sunda khususnya Angklung, dari mulai pembuatan sampai pada pelatihan menggunakannnya. Sehingga nilai budaya ini tetap terpelihara sampai sekarang.

  • Kategori Usaha Skala Kecil

Kategori ini dimenangkan oleh Yayasan Andika Bandung yang bergerak pada usaha sablon dan desain grafis dengan memberdayakan komunitas underground menjadi orang-orang yang kreatif dan produktif.

  • Kategori Individu

Kategori ini dimenangkan oleh Bidan Eros Rosita yang berjuang melakukan pemberdayaan kesehatan pada suku baduy di Lebak, Banten. Ibu ini mempunyai cita-cita mulia untuk mendirikan sebuah rumah sakit bersalin di lingkungan suku baduy guna mengurangi tingkat kematian ibu dan bayi pasca melahirkan.

Penghargaan ini tentunya menjadi inspirator bagi kita semua dalam mengisi kemerdekaan, agar kesejahteraan itu dapat dinikmati secara adil oleh seluruh rakyat Indonesia. Mereka adalah orang-orang hebat yang peduli pada kesejahteraan orang-orang disekitarnya. Tentunya impian untuk mensejahterakan bangsa bukan hanya menjadi wacana jika kita melakukannya secara bahu-membahu dan berkesinambungan sesuai dengan kapasitas dan kemampuan kita masing-masing. Itulah yang menjadi cita-cita para pendahulu negeri ini. Dapatkah kita mewujudkannya ?

2 thoughts on “Danamon Award : Penghargaan Bagi Para Pejuang Masa Kini

  1. Dear Lina,
    Saya juga tertarik dengan Danamon Award ini. Sungguh suatu terobosan pemberian penghargaan. Mudah-mudahan bisa terus berjalan dan makin banyak yang mengikuti.
    Sepengetahuan saya, peserta kali ini ada sekitar 2.500.
    Betul nggak Mbak?
    Untuk Radio, kalau nggak salah groupnya
    Kantor Berita 68 H yang di Jakarta lokasinya di Utan Kayu.

    Salam kenal,
    Erik Tapan

  2. Salam kenal juga Bapak Dokter Erik.

    Terima kasih informasinya, mengenai radio yang menang kemarin.
    Saya sebenarnya kurang begitu tahu jumlah pesertanya, karena pas saya lihat sudah pada momen penghargaannya dan itupun sudah masuk ke bagian pembacaan nominasi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s