Penantianku Berakhir Sudah di Bulan Penuh Hikmah

Kira-kira Jam 9 pagi hari Jum’at 19 September 2008, tiba-tiba HP ku berbunyi tanda ada telpon. Aku lihat nomornya telpon rumah area Jogja. Ketika aku angkat, suara di ujung sana langsung bertanya dimana posisiku sekarang. Aku bilang lagi di depan lobi UTY. Setelah itu, beliau langsung bilang bahwa saya diminta untuk segera ke UIN Jogja hari itu juga sebelum jam 11 untuk mengambil undangan. Waktu itu aku agak kaget dan bertanya-tanya undangan apa itu. Tapi beliau tidak mau menjelaskan, nanti lihat saja katanya pada undangannya.

Karena beliau bilang harus ambil undangan sebelum jam 11, maka aku langsung dari UTY ke UIN. Ketika aku di perjalanan ke UIN, mba Ratna (teman CPNS yang lolos hasil revisi bulan Mei) sms. Beliau minta aku untuk sekalian membawa undangannya. Karena kebetulan rumah kita dekatan. Selain itu, mba Ratna juga bilang bahwa kata Pak Ibrahim (teman CPNS yang lolos hasil revisi bulan Mei orang Bandung), dia diberi tahu kepegawaian UIN bahwa undangan itu untuk pembagian SK CPNS resmi oleh Rektor UIN pada hari senin 22 september 2008. Alhasil sebelum aku ambil undangan itu, aku sudah dapat informasi mengenai acara pada undangan itu.

Aku sampai UIN sekitar jam 10.30, langsung ambil 2 undangan sekalian punya mba Ratna. Namun, ketika aku lihat acara pada undangannya tidak seperti yang dibilang teman2ku di atas. Disana tertulis acaranya ”Pembinaan CPNS UIN Suka oleh Rektor”, semua CPNS yang lolos wajib hadir. Tidak ada kata-kata penyerahan SK. Jadilah kami penasaran apakah benar acara itu sekalian penyerahan SK atau tidak.

Senin, 22 Septemer 2008 pun tiba. Sesuai undangan acara akan dimulai pukul 13.00. Acara dilaksanakan di ruangan rapat kepegawaian gedung PAU UIN lt.3. Ternyata acara baru dimulai sekitar pukul 2, setelah bapak Rektor hadir di ruangan.

Acara pun langsung dibuka dan Pak Rektor menyampaikan sambutannya serta menyampaikan beberapa hal yang berhubungan dengan proses CPNS, apa yang menyebabkan keterlambatan turunnya SK dan apa saja yang akan dilakukan setelah jadi CPNS.

Beliau menyampaikan bahwa ada 2 jenis pembinaan CPNS yang akan dilakukan di lingkungan UIN. Pertama, Pra Jabatan yang merupakan kegiatan wajib yang secara umum harus diikuti oleh CPNS sebagai proses pembinaan dari pusat sesuai departemen masing-masing. Pra Jabatan ini sebagai dasar kelulusan untuk menjadi PNS. Kedua, Program Pengembangan Calon Dosen dan Laboran yang diadakan oleh interen UIN. Ini dimaksudkan untuk menyatukan visi dan misi UIN, bagaimana kondisi kerja di UIN, training motivasi, membangun sikap profesional, peningkatan kemampuan bahasa Arab dan Inggris, pengetahuan agama dan hal2 lainnya. Menurut rencana program ini akan dilaksanakan selama 6-8 bulan.

Akhirnya apa yang diceritakan temanku benar2 terjadi. Pak Rektor menyampaikan bahwa pada acara ini juga sekalian penyerahan SK bagi yang sudah turun SK-nya. Karena ternyata masih ada 7 orang yang belum turun SK-nya. Dan akhirnya aku bersyukur sekali karena SK ku termasuk yang sudah turun, jadi hari senin itu merupakan hari bersejarah dalam hidupku, yaitu menerima SK CPNS yang dulu tidak pernah terbayangkan bakal jadi CPNS. Akhirnya, penantianku berakhir setelah dulu pemberkasan CPNS tanggal 21 Mei 2008, barulah 22 September 2008 (22 Ramadhan 1429H) SK-nya sampai ke tanganku.

Semoga nantinya rizki yang aku dapatkan dari pekerjaan baruku ini berkah bagi kehidupanku dan keluargaku. Dan aku bisa bekerja sebaik mungkin, terutama dalam mengikuti proses pembinaan awal CPNS baik itu Pra Jabatan maupun Program Pengembangan Pegawai di lingkungan interen UIN. Karena itu akan menjadi bekal yang sangat bermanfaat untuk keberlangsungan kerjaku nantinya.

9 thoughts on “Penantianku Berakhir Sudah di Bulan Penuh Hikmah

  1. Assalamualaikum…damang bu euis?? mudah2an salamina aya dina ginajar kawilujengan..amin.manawi emut kneh ka pribados,,budak bangor, rerencangannana pradana pramuka man awipari nuju jamanna ilyas sareng bu euis..
    manawi katampi..sim kuring ngahaturken silaturrahmi,.
    wassalamualaikum wr.wb

  2. ohhh, atuh kunaon teu nganggo nami asli wae, kang hojin. Sangkan langsung terang. Nuhun pisan do’ana. Sok atuh rajin-rajin lah gabung di web alumni urang, sangkan langkung rame sareng janten terang ka kakak kelas urang atanapi adik kelas.

    Muhun, euis teu tiasa dongkap waktu alumni, da kedah ka Jogja deui. Mulai damel kaping 6 Syawal. Mudah2an lain waktu tiasa kungpul nya….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s