Perjalanan Liputan Pertamaku

Minggu, 15 Maret 2009 jam 13:00, aku melakukan liputan berita di Jogja Expo Center (JEC). Ini adalah liputan berita pertamaku untuk memenuhi salah satu tugas praktek yaitu praktek penulisan naskah straight news radio.
Sebelum terjun ke lapangan meliput berita, kami dibimbing oleh para dosen untuk menentukan ide, topik dan angle berita. Setelah masing-masing menentukan ide, topik dan angle, kami membuat rancangan peliputan yang di dalamnya terdiri dari pertanyaan-pertanyaan untuk nara sumber, nama nara sumber, dan lokasi liputan.


Aku melakukan liputan ke JEC, karena angle beritaku adalah “Pengaruh Kenaikan Harga Buku terhadap Pengunjung Pameran”. Dalam liputan tersebut aku mewawancarai beberapa nara sumber, yaitu ketua IKAPI Jogja (R. Syarif Tholib), wakil ketua dan seksi promosi Pesta Buku Jogja 2009 (Apri Dhian), beberapa peserta pameran dan beberapa orang pengunjung.
Dalam proses liputan tersebut, alhamdulillah aku diberi kemudahan, karena dapat mewawancarai semua nara sumber yang sudah ditentukan, walaupun harus liputan sampai jam 8 malam. Untungnya aku ditemani temanku yaitu Mba Nita, sehingga ketika pulang malam naik Trans Jogja tidak kesepian. Karena saking capeknya dari jam 1 siang di Pameran, akhirnya kami memutuskan naik becak dari terminal Jombor ke Asrama MMTC. Ketika kami lihat jam, ternyata sudah menunjukkan waktu pukul 21:45. Itulah pertama kalinya aku pulang ke asrama sampai selarut itu. Namun demikian, aku merasa lega karena berhasil melakukan liputan berita tersebut. Tinggal tugas selanjutnya, menyusun hasil liputan dan wawancara menjadi sebuah naskah straight news radio. Dan inilah hasil naskahnya yang merupakan naskah berita pertamaku.
————————————————————————————————————————————–
20-03-2009/08.00/Pameran Kenaikan Harga Buku & Pameran
Euis Marlina (EM)
Pameran Pesta Buku Jogja 2009 yang digelar IKAPI dari tanggal 11 sampai 16 maret 2009 di Jogja Expo Center JEC/ berlangsung meriah// Terbukti dari jumlah pengunjung yang terus meningkat setiap harinya// Pengunjung sama sekali tidak terpengaruh dengan kenaikan harga buku/ karena buku sudah menjadi kebutuhan mereka/ demikian dikatakan ketua IKAPI Jogja R. Syarif Tholib hari ini// Sementara itu/ Wakil ketua dan seksi promosi Pesta Buku Jogja 2009 Apri Dhian menyatakan ada kenaikan pengunjung sebesar 10 persen dari Pesta Buku Jogja 2008// Senada dengan Apri Dhian/ beberapa peserta pameran Gama Media/ Penerbit Andi/ dan Insist Press mengungkapkan bahwa pengunjung stand mereka juga naik// Bahkan penerbit Insist Press mengalami kenaikan omset penjualan sampai 50 persen// Dari 5 pengunjung yang ditemui/ 4 orang mengatakan tidak mengetahui akan rencana kenaikan harga buku// Salah seorang pengunjung dari kalangan mahasiswa bernama Ita/ mengatakan bahwa dia tertarik datang ke pameran untuk mendapatkan buku yang harganya lebih murah// Peserta pameran memberikan diskon buku baru 20 sampai 35 persen/ dan buku lama 50 sampai 70 persen///
————————————————————————————————————————–
Untuk praktek selanjutnya kami akan membuat naskah indepth news radio. Semoga aku bisa melakukannya dengan baik sebagaimana straight news ini, walaupun sebenarnya indepth news lebih luas bahasannya karena menggunakan paling tidak 3 angle yang akan dikemas secara detail.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s