Kesan Prajabatan di Balai Diklat Keagamaan Semarang

Baru hari ini aku sempat menulis tentang kenangan selama Prajabatan. Prajabatan yang penuh cerita, ceria dan tak terduga. Tak pernah terbayang kondisi prajabatan begitu menyenangkan, tidak seperti yang orang-orang ceritakan. Prajabatan yang berlangsung tanggal 25 Mei – 6 Juni 2009 ini, diikuti oleh CPNS golongan II Honorer dan golongan III Reguler. Golongan III Reguler di bagi 3 kelas, dan aku masuk kelas 3 atau disebut golongan III angkatan III. Gol. III Angk. III ini terdiri dari 38 orang yang berasal dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (14 orang), IAIN Wali Songo Semarang (4 orang), STAIN Purwokerto (4 orang), STAIN Surakarta (3 orang), STAIN Kudus (1 orang), STAIN Pekalongan (1 orang), STAIN Salatiga (1 orang), Kandepag Gunung Kidul (2 orang), Kandepag Bantul (1 orang), Kandepag Kota Yogyakarta (1 orang), Kandepag Kulonprogo (1 orang), Kanwil D.I. Yogyakarta (1 orang), Kanwil Jawa Tengah (1 orang), KUA Banjarnegara (1 orang), KUA Sragen (1 orang) dan Balai Diklat Keagamaan Semarang (1 orang).

Kami tidak menyangka kondisi penyampaikan materi di kelas selama prajabatan berlangsung menyenangkan. Umumnya para widyaiswara menggunakan metode mengajar aktive learning dengan melibatkan peserta prajab untuk diskusi kelompok maupun memberikan beberapa pertanyaan. Sehingga kadang terjadi adu argumen yang mampu menghangatkan suasana. Yang tak terlupakan, dimana hampir setiap harinya ketua kelas kami yaitu Pa Fikri (Ibnu Fikri, IAIN Semarang), Pa Mifdlol (Ahmad Mifdlol Muthohar, STAIN Salatiga), Pa Amin (Amin Widodo, KUA Banjarnegara) dan Pa Zidni (Zidni Imawan Muslimin, UIN Yogyakarta) beradu argumen yang menarik, sehingga justru membuat kami tertawa dan tidak mengantuk. Mereka kadang mengungkapkan sesuatu hal yang berat, tapi lucu. Para tetua kami ini, tahu betul kondisi kelas. Apabila sudah mulai pada jenuh dan mengantuk, maka biasanya Pa Amin mengajukan pertanyaan atau mengungkapkan pernyataan pada widyaiswara, dengan suara kerasnya dan logat bicara yang lucu dan terkadang sangat berani. Sehingga kami terhenyak, penasaran ingin menyimak apa yang disampaikannya. Selanjutnya, baru teman-teman lain ikut menimpali. Sehingga, tidak ada satu orang pun di kelas kami yang tidak ikut bersuara pada saat diskusi. Kami menerapkan pemerataan pada saat presentasi, agar semuanya mengalami, sehingga semuanya terkenal dan akhirnya kami mudah saling kenal.

Kekompakan kelas golongan III angakatan III tidak hanya di saat materi di kelas, namun ketika kegiatan PBB di pagi hari. Terutama pada saat mau ujian PBB. Dua hari sebelum ujian, setiap sore dan malam hari, kami latihan bersama. Hasilnya, kelas kami dengan nomor ganjil semuanya lulus ujian PBB, dan yang nomor genap hanya 6 orang yang ujian remidi(kalau ga salah ingat). Kami pun belajar bersama mempersiapkan ujian BINTAL. Dan hasilnya ujian BINTAL kami pun berjalan dengan lancar. Kami sering diskusi di meja makan sambil menonton TV setelah makan malam. Sehingga kami merasa mendapatkan keluarga baru di sana. Untuk menyimpan kenangan itu tetap ada, maka kami membuat buku kenangan berikut kumpulan foto-foto kami selama prajabatan.

Mungkin karena sudah seperti keluarga, maka ketika mau pulang pun, teman-teman kami dari Semarang yaitu Pa Budi dan Pa Listyono membantu kami membeli oleh-oleh. Sehingga kami tidak kesulitan harus belanja oleh-oleh, karena diantar langsung ke lokasi prajabatan. Terima kasih semuanya. Banyak ilmu, teman, pengalaman dan pengetahuan yang kami dapat selama prajabatan di Balai Diklat Semarang, Jawa Tengah. Semoga kita semua dapat mempertahankan idealisme masing-masing dan memperbaiki citra PNS.

Golongan III Angkatan III memang menyenangkan ! Kapan kita reunian nich !

Berikut diantara foto kebersamaan kami selama prajabatan.

foto_bareng

euis di kelas

depan diklat

13 thoughts on “Kesan Prajabatan di Balai Diklat Keagamaan Semarang

  1. sy calon prajabatan gol IIIa. tpi sy merasa hawtir,was_was,aplgi BINTAL/PBB dll. sdangkan sy tdk punya skil untk itu. sy minta syarannya. ats perhtiannya sy ucpkn bnyk trimaksih.

  2. Diklat prajabatan depag memang Ok, widyaiswaranya juga bagus, tempatnya sangat memuaskan kecuali di blok tertentu yang sering macet airnya, tapi akhir-akhir ini menu-nya kok gak selera…. pa anggarane di kurangi ya…

  3. Assalamu’alaikum
    Salam kenal persahabatan….
    membaca tulisan Jeng Euis, saya juga jadi iget 10 tahun yang lalu saya juga ikut Prajab di tempat itu, tapi ketika itu konisi bangunan masih lama. Alhamdulillah untuk gedung barunya juga sempat mencicipi di acara yang lain. Selamat ya buat panjenengan.
    Semoga sukses meniti karir. Amin.
    Wassalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

  4. salam kenal dari surabaya….. saya baru merasakan prajabatan tgl 22 februari – 17 maret 2010. Sangat sangat menyenangkan…… Tp yang membuat hati tidak kerasan, kalo ingat anak dan suami….

  5. asslamu`alaikum
    setelah membaca tulisan anda saya sedikit bisa membayangkan aktifitas diklat di semarang, tapi jujur ada kekwatiran, takut, grogi juga. kalo mendengar cerita-cerita teman-teman apakah seseram apa yang saya bayangkan gak ya?terutama untuk BINTAL.bolehkah saya bertanya? kalo BINTAL itu yang diujikan itu apa ya? trus kalo yang ujian kelompok seperti PBB, senam itu menilainya perkelmpok/ tetap sendiri-sendiri?terimakasih atas jawabannya.doakan saya juga ya semoga saya prajabnya bisa lancar.amin

  6. selamat datang di gedung lingkungan LPP disemarang selanmat sejatra dilingkungan teman-teman senasif prajab di unsud di unes diundib selamat sukses dengan menikmatiselamat bekerja dilingkunganya fakultas masing-masing selamat

  7. Trimakasih atas responnya… Kami mwakili teman2 Balai Diklat Keagamaan semarang, mohon maaf atas sgala kekurangan dalam memberikan pelayanan selama pelaksanaan diklat prajabatan.
    Terutama saya minta maaf kalo sdikit ‘mmaksa’ peserta terkait kedisiplinan he..he.. Tp dri hati kami yang dalam, itu smwa kami lakukan krna menjalankan tugas… Sukses bwt smwanya..

  8. assalamualaikum wr wb,..
    bagi rekan rekan seprofesi dan satu institusi kemenag,..
    mohon informasi dan saran bagaimana cara melihat up date kegiatan diklat pra jabatan di masing2 angkatan dan golongan .
    apakah dari setiap kegiatan di balai diklat akan dipublikasikan di web kemenag,terutama utk kemenag jawa tengah .termasuk nilai dari diklat itu sendiri.
    Dan mohon bagi peserta diklat pra jabatan angkatan 8 tahun 2011 untuk golongan I dan II khususnya pelaksanaan bln maret 2011 yang punya kepentingan yang sama bisa sharing dan bertukar pikiran /pendapat untuk lebih bertambahnya wawasan dan sudut pandang pasca pra jabatan,..
    sekian terima kasih dan
    wassalamualaikum wr. wrb

  9. pengalaman dan kesan yang hampir sama dengan bu euis jg pernah sy rasakan di balai diklat keagamaan semarang,selama 24 hari kami digembleng oleh widyaiswara yg ahli dlm sgla bidang,wali kelas kami yang baik hati (mas supratno),dan jg pembimbing yg sering ucapin kata”terkait” hingga kami pun menjulukinya bpk terkait hehehe(p.nurzaman),kami skrg bangga kpd panjenengan semua,hingga tgl 7 sept 2010 kami pun resmi lulus dr diklat prajabatan,thanks all………….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s