BECTA is My Reason

Kalau aku dengar nama Inggris, maka yang pertama kali terfikirkan adalah sepak bola. Bagaimana tidak, iklim persepakbolaan di Inggris begitu panas setiap musimnya. Persaingan antar klub liga primer, terutama the big four yaitu Manchester United, Chelsea, Liverpool dan Arsenal selalu menarik untuk diikuti.

Anehnya, Inggris tidak begitu terkenal perkembangan teknologi dan pendidikannya, termasuk pemberian beasiswa bagi warga Indonesia. Berbeda dengan Australia, Jerman, Belanda, Jepang, Kanada dan Amerika Serikat. Negara-negara tersebut setiap tahun mempromosikan sistem pendidikannya dengan memberikan kesempatan studi gratis di negaranya. Sampai-sampai ketika aku bermimpi ingin kuliah di luar negeripun yang aku pilih adalah Amerika Serikat karena perkembangan teknologi dan pendidikannya yang menjadi kiblat dunia.

Namun, pilihanku goyah ketika tidak sengaja menemukan website BECTA (British Educational Communications and Technology Agency). Becta is a non-departmental public body of the Department for Children, Schools and Families in the UK.

Yang aku fahami dari Becta adalah bahwa mereka berupaya membantu para orang tua lebih memahami bagaimana teknologi dapat bermanfaat bagi pendidikan siswa dan dapat meningkatkan semua potensi yang dimilikinya, bagaimana agar komputer dan internet aman bagi anak-anak.

Oleh karena itu, jika aku berkesempatan untuk belajar di luar negeri, maka aku akan memillih Inggris karena aku ingin berkunjung dan melihat langsung proses yang dilakukan oleh BECTA. Dan yang semakin membuatku penasaran adalah sebuah slogan yang dituliskan dalam setiap video Becta yaitu “Leading Next Generation Learning”. Aku ingin membuktikan apa sih sebenarnya yang dimaksud slogan itu? Semoga saja kita dapat belajar dari Becta  dan memberikan kontribusi untuk perkembangan sistem pendidikan di Indonesia, khususnya konsep pendidikan yang memanfaatkan teknologi.

One thought on “BECTA is My Reason

  1. Pingback: British Council Indonesia - NOW 60 » Blog Archive » Ini dia tulisan peserta

Leave a Reply

