Magnet Facebook

Betapa kagetnya, ketika ada pesan di account facebook-ku dari keponakanku yang masih duduk dibangku kelas 6 SD. Aku tidak menyangka, anak usia 11 tahun sudah punya account facebook. Dia tidak tinggal di kota besar. Dia tinggal di kota kecamatan yaitu Parigi, kabupaten Ciamis.

Usut punya usut, ternyata di Parigi sudah ada warnet. Keponakanku yang bernama Imawani Ibrahim ini terbawa oleh temannya ikut ke warnet. Tanpa tahu maksud dan apa itu facebook, dia ikut-ikutan membuat account di facebook.

Keherananku tak berhenti disitu. Ketika lebaran kemarin (1430 H/2009), dua keponakanku yang lain juga memberitahuku bahwa mereka sudah memiliki account facebook. Yang satu baru kelas 1 SLTP dan yang satu lagi kelas 1 SLTA. Mungkin bagi yang sudah di SLTA, wajarlah.

Sebenarnya, aku senang. Begitu cepatnya keponakan-keponakanku mengikuti perkembangan teknologi internet. Mereka tidak tinggal di kota besar. Tapi magnet facebook ternyata sudah begitu kuat menarik mereka masuk ke dunia internet. Seolah-olah yang mereka maksud internet adalah facebook. Ditambah lagi dengan makin banyaknya handphone yang dilengkapi fitur internet dengan harga yang semakin terjangkau. Akibatnya, mereka pun minta dibelikan handpone yang memiliki fitur tersebut.

Sebaliknya, akupun tak tenang. Khawatir mereka salah menggunakan internet dan account facebook-nya. Banyaknya kasus penipuan bahkan sampai pembunuhan di Inggris yang menimpa para remaja yang aktif di facebook terus menghantuiku. Ditambah lagi, pengawasan orang tuapun sangat kurang akan aktifitas mereka di internet, khususnya di facebook. Aku tak ingin mereka mengalami kejadian buruk itu.

Akhirnya aku menyempatkan diri untuk ikut memantau status dan posting-posting pada account facebook mereka. Semoga mereka dapat mengambil manfaat dari apa yang mereka lakukan, bukan sebaliknya.

Magnet facebook ternyata tidak hanya di perkotaan, tapi juga mampu menembus pedesaan yang jauh dari keramaian sekalipun. Mungkinkah karena gratis? Bagaimana kalau suatu saat facebook mengkomersilkan layanan mereka? Apakah magnetnya masih tetap sekuat ini?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s