Mana Keperkasaanmu Tim Eropa?

Empat tahun lalu, empat tim eropa merajai partai semifinal piala dunia 2006 di Jerman. Italia melawan Jerman dan Perancis melawan Portugal. Tapi pada piala dunia 2010, apakah hal itu akan kembali terjadi?

Sungguh sulit membayangkan itu terjadi. Kalau bukan keajaiban, maka keempat tim di atas yang tahun 2006 sampai semifinal, mungkin akan pulang lebih awal. Terutama hasil buruk yang menimpa Perancis dan Italia. Keduanya tidak mampu memenangkan pertandingan pada dua laga penyisihan grup.

Tim eropa lain yang merupakan juara eropa 2008 yaitu Spanyol juga kalah di laga pertama. Sebenarnya ini diluar dugaan. Karena Spanyol mendominasi permainan dari awal dengan gaya sepak bola indahnya, namun kelengahan barisan pertahanan Spanyol dimanfaatkan dengan baik oleh Swiss. Sepertinya baru dua kali ini saya menyaksikan pertandingan yang begitu didominasi oleh sebuah tim, tapi tim itu malah kalah. Saat Spanyol dikalahkan Swiss dan Belanda dikalahkan Rusia pada EURO 2008.

Inggris tidak kalah menyedihkan. Dua laga pertama dilaluinya dengan hasil seri. Padahal Inggris diprediksi dapat dengan mudah lolos ke perdelapan final dengan generasi emasnya sekarang dan sentuhan pelatih Fabio Capello. Rooney yang sangat subur di Liga Priemere Inggris, belum mampu mencetak satu gol pun. Tidak ayal cercaan dari media Inggris pun mulai terdengar tajam. Tidak ada harapan bagi Inggris untuk lolos ke 16 besar, kecuali keajaiban di pertandingan akhir melawan Slovenia.

Hanya Belanda, tim besar eropa yang mampu tampil apik di penyisihan grup dengan memenangkan dua laga pertamanya.

Ditengah hancurnya kekuatan tim-tim besar eropa, maka di sisi lain saya melihat tim amerika latin sedang menunjukan keperkasaannya. Di grup A, juara dunia dua kali- Uruguay membantai Afrika Selatan 3-0 dan Meksiko mengalahkan finalis piala dunia 2006 Perancis 2-0. Di grup B, Argentina yang penuh bintang berhasil mendapatkan poin penuh di dua laga pertama mereka. Bahkan pemainnya, Gonzalo Higuain mencetak hatrik pertama di piala dunia kali ini. Di grup F, Paraguay mampu menahan imbang Italia dan mengalahkan Slovakia 2-0. Di grup G, juara dunia 5 kali-Brasil menunjukkan ketangguhannya dengan menekuk Korea Utara dan Pantai Gading, dan terakhir di grup H, Cile juga memetik kemenangan di laga pertamanya.

Akankah pada piala dunia 2010 ini empat besar atau semifinal dikuasai tim-tim amerika latin? Atau akan ada keajaiban seperti Perancis tahun 2006 yang pada penyisihan grup tertatih-tatih, tapi mampu menembus Final? Mari kita saksikan, apa yang terjadi pada pertandingan-pertandingan berikutnya.

Memang benar, bola itu bundar dan sepak bola penuh kejutan!

(Oleh Euis Marlina)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s