Bermimpilah!

Wanita itu bernama Tererai. Dia berasal dari Zimbabwe, sebuah negara yang masih menganggap pendidikan bagi perempuan tidak penting. Akhir tahun ini dia akan resmi meraih gelar doktor. Sesuatu yang tak pernih dia duga sebelumnya. Tapi, inilah kekuatan mimpi yang ia tuliskan 20 tahun lalu.

Dua puluh tahun lalu, dia menuliskan mimpinya dalam secarik kertas. Itupun berkat dorongan salah satu relawan lembaga dari Amerika Serikat yang berfokus untuk membantu pendidikan wanita-wanita di Zimbabwe. Di kertas mimpi itu dia menuliskan bahwa dia ingin pergi ke Amerika, mendapat gelar sarjana, master dan doktor. Kertas itu kemudian dimasukan dalam sebuah kaleng dan dikubur di bawah batu.

Berkat bantuan dari lembaga tersebut, dia pergi ke Amerika untuk melanjutkan pendidikannya. Berkat kegigihannya, satu demi satu mimpi yang ia tulis pun terwujud. Dan setiap mimpi yang dapat ia capai, maka dia pulang menggali kertas mimpinya dan menceklisnya. Dia pun semakin terpacu untuk meraih mimpi berikutnya. Karena dia percaya, kalau dia bisa meraih mimpi yang satu, maka yang lainnya pun dia akan mampu mewujudkannya.

Perjuangan yang tidak mudah ia lalui. Ketika mengikuti program master, dia harus sambil bekerja di dua tempat, mengurus lima orang anaknya dan mengurus suaminya yang terkena AIDS. Tapi, semua itu tidak menghalanginya untuk mendapat gelar master.

Sebelum datang lembaga dari Amerika itu, dia bukanlah siapa-siapa. Dia hanya seorang wanita yang teraniyaya. Usia 11 tahun, orang tuanya sudah menikahkannya. Setiap hari dia disiksa suaminya. Usia 18 tahun dia sudah mempunyai tiga orang anak. Saat itu dia benar-benar putus asa. Mau jadi apa? Bahkan bermimpi pun seakan-akan tidak boleh. Tapi kini, dengan gelar master yang disandangnya dan sebentar lagi gelar doktor, maka dia bisa membantu saudara-saudaranya sesama perempuan di Zimbabwe untuk mendapatkan haknya mendapatkan pendidikan seperti dirinya. Itulah kekuatan mimpi!

Cerita Tererai ini disiarkan pada acara talk show “OPRAH” di Metro TV tanggal 27 November 2010 jam 11:00. Dan cerita Tererai ini juga terdapat pada buku “Half The Sky” yang isinya menceritakan perjuangan wanita-wanita teraniyaya dari seluruh dunia yang akhirnya menjadi seseorang yang luar biasa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s