Lagu Sebagai Kekuatan Berita Televisi

Siapa yang tak tahu lagu “Andai aku Gayus Tambunan” ciptaan mantan napi, Bona Paputungan?  Saya kira semua orang pasti mengetahuinya. Ya, karena lagu ini menjadi semacam “Theme song” berita terkait kasus Gayus Tambunan akhir-akhir ini. Di Metro TV dan TV One yang merupakan TV berita di Indonesia, lagu karya Bona tersebut diputar berkali-kali, mulai program berita pagi sampai berita malam.

Ada yang menarik dari populernya lagu karya putra Gorontalo ini, yaitu dipopulerkan oleh program pemberitaan. Memang, program pemberitaan televisi sudah mengalami banyak perubahan saat ini. Tidak hanya unsur visual dan narasi yang menjadi kekuatan sebuah berita, tapi juga unsur audio berupa musik dan lagu. Berita buletin yang dulu sangat “diharamkan” menggunakan backsound musik dan lagu, kini justru sebaliknya. Berita televisi lebih menarik disimak ketika didukung dengan musik atau lagu yang bertema isi berita tersebut. Seperti pada saat bencana merapi yang terjadi Nopember lalu, lagu “Yogyakarta” dari KLA Project diputar berkali-kali di Metro TV. Dengan demikian, seorang reporter atau editor berita televisi harus memiliki koleksi musik dan lagu yang dapat digunakan untuk mendukung kekuatan beritanya.

Lalu, bagaimana caranya agar kita mudah menemukan musik atau lagu yang akan digunakan untuk mendukung berita kita? Ok, saya akan memberikan tipsnya kepada anda berikut ini.

1.      Mengoleksi banyak musik (ex: musik ilustrasi atau instrumen) dan lagu

2.      Dari koleksi di atas, dipilah-pilah sesuai tema lirik lagu, lalu pindahkan ke folder baru dengan nama masing-masing tema lagu. Misalnya folder Yogyakarta berisi lagu-lagu bertema Yogyakarta. Begitu pula dengan musik ilustrasi atau instrumen, dikelompokan berdasarkan tipenya. Misalnya musik dengan tempo cepat di simpan dalam satu folder tertentu.

3.      Sempatkan waktu untuk memotong-motong bagian-bagian lirik yang mengandung makna penting, yang sekiranya sesuai dengan berita-berita yang akan anda buat, karena tidak semua bagian lagu bisa digunakan.

Semoga tips di atas bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s