Akte Kelahiran Rp 5000,-

Biaya pembuatan akte kelahiran di kabupaten Sleman, ternyata cuma Rp 5000,- lho. Masa sih?

Cerita ini bermula saat suamiku mengurus akte kelahiran anak pertama kami. Sebelumnya kami berencana mengurus akte kelahiran melalui rumah sakit Sardjito, tempat saya melahirkan. Katanya biayanya Rp 50.000,-. Namun, saat kami menyerahkan persyaratannya, ternyata ada masalah pada KTP kami, dimana keterangan statusnya masih belum kawin. Status di KTP seharusnya kawin. Lucu kan, sudah ada surat nikah bahkan punya anak, tapi status di KTP masih belum kawin he..he.. Akhirnya kami harus mengurus perubahan status di KTP ke tempat asal kami, Tasikmalaya.

Saat itu kami berubah fikiran. Kami memutuskan untuk membuat akte kelahiran di Tasik saja biar cepat selesai. Namun masalah kembali timbul. Kami tidak bisa membuat akte kelahiran di sana sekarang karena usia anak kami belum 60 hari (Ternyata ada aturan, jika lahir diluar Tasikmalaya, pembuatan akte kelahiran baru bisa diurus setelah 60 hari).

Akhirnya kami putuskan untuk membuat akte kelahiran di Sleman, sesuai tempat lahir anak kami. Kami pun langsung mengurusnya sendiri tanpa melalui RS Sardjito.

Suamiku pun pergi ke kantor catatan sipil Sleman untuk membuat akte kelahiran. Saat pulang ke rumah, suami cerita bahwa biayanya cuma Rp 5000,-. Betapa kagetnya aku, karena biasanya minimal ongkos buat akte kelahiran anak itu Rp 50.000,-. Ternyata katanya, mengapa biayanya cuma segitu, karena usia anak saat dibuatkan akte kelahirannya kurang dari 60 hari.

Wah, kami jadi dapat pengalaman baru nich dalam membuat akte kelahiran anak agar biayanya murah, yaitu saat usia anak belum 60 hari.

Bagaimana dengan aturan di daerah anda, apakah sama dengan di kabupaten Sleman? (15/4/2011)

http://euismarlina2014.blogspot.com/

5 thoughts on “Akte Kelahiran Rp 5000,-

  1. maaf mau tanya, bisa ya membuat akte di kab. sleman walau ktp ortu bayi berasal dari luar sleman? saya sebentar lg jg mau melahirkan di sardjito. saya asli sleman sebenarnya, tp setelah menikah ktp berubah ikut suami di klaten. jd saya bingung apakah harus membuat akte anak kami di klaten jg atau tetap bisa di sleman. trima kasih sebelumnya ^^

  2. mau tanya donk..saya dari klaten..ni karna kesibukan kerja..sampai2 ank saya blm saya buatkan akta kelahiran.skrg umurnya menginjak 8bulan…apakah akan kena denda..terus sampai berapa dendanya..??
    mkasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s