Gara-gara Helm

Awalnya anakku, Syifa yang baru berusia 2 tahun tidak mau menggunakan helm. Namun, ayahnya tetap membelikan juga, berharap setelah helm itu ada di rumah dan melihat kami ayah dan ibunya menggunakan helm, dia mau menggunakannya.

Dan ternyata benar perkiraan suamiku. Akhirnya Syifa mau memakai helm. Namun, setelah mau memakai helm, setiap kali bepergian selalu tidak mau duduk di motor. Syifa selalu minta berdiri.

Yang paling susah adalah bepergian saat hujan. Syifa tidak mau duduk ditutup mantel. Dia tetap minta berdiri.

Sambil berdiri selama perjalanan dari Jombor ke UIN Sunan Kalijaga maupun sebaliknya, mulutnya tak pernah berhenti berucap. Ada aja yang diucapkannya. Kadang nyanyi, kadang bicara sendiri sambil menunjuk-nunjuk apa yang dilihatnya sepanjang perjalanan. Itulah yang dilakukannya setiap hari,  senin – jumat selama di perjalanan dari rumah ke PAUD GRIYA ANANDA UIN Sunan Kalijaga, tempatnya belajar dan bermain. (Syifa masuk PAUD tanggal 27 November 2012, saat usianya belum genap 2 tahun).

Namun ada hal positif dari kebiasaan Syifa yang selalu ingin berdiri saat naik motor, khususnya saat pulang dari PAUD jam 4 sore, yaitu tidak lagi tidur di perjalanan. Padahal dulu sebelum mengenakan helm, setiap kali pulang dari PAUD hampir selalu tidur di perjalanan. Akibatnya selalu tidur sore dan bangun malam, begadang. Baru bisa tidur lagi jam 1 atau jam 2. Bangun pagi pun kesiangan. Kadang baru bangun jam 9 atau jam 10. Jadinya sampai PAUD jam 11 an.

Tapi, mungkin itulah masa-masa perubahan prilaku anak-anak pada tiap tahap perkembangannya. Setiap anak memiliki keunikan tersendiri pada masa-masa pertumbuhannya. Kita lah sebagai orang tua yang harus sabar mengikuti setiap proses tadi. Karena kalau kita selalu dapat melihat dari segi positifnya, maka sebenarnya anak kita sedang memberikan pelajaran hidup yang berharga bagi orang tuanya. Oleh karena itu orang tua patut bersyukur dan menjaga amanah-Nya ini dengan baik, agar kita dipercaya oleh-Nya dengan diberi limpahan rahmah. Amin.

Akses juga blog saya yang satu ini:

http://euismarlina2014.blogspot.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s