Ponorogo, Pertama yang Mengagumkan

Sepertinya mimpi pun tidak, bisa ke Ponorogo.

Tapi kesempatan itu ternyata datang dari Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam STAIN Ponorogo, yang mengundang kami dari PPTD Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga untuk mengisi Workshop Pengenalan Produksi Siaran Televisi. Workshop ini diperuntukan bagi mahasiswa semester 3 dan 5, yang dilaksanakan tanggal 10-11 Oktober 2014.

Saya ke STAIN Ponorogo tidak sendirian. Tapi bersama 3 orang crew Suka TV PPTD, yaitu Eki Arum Hasanah (Presenter & Reporter), Adib Joko Mahendro (Cameraman) dan Bahtiar Nugraha (Editor).

Kami berangkat naik kereta kelas bisnis Sancaka Pagi pada hari Jum’at, 10 Oktober 2014 jam 06.55 dari Stasiun Tugu Jogja.

Tapi ada cerita menarik terkait keberangkatan kami. Dimana Adib dan Bahtiar ketinggalan kereta, sehingga harus naik bis. Ya, jadinya cuma saya dan Eki yang naik kereta.

Akibat kejadian ini, maka panitia dari STAIN pun harus dua kali jemput ke Madiun. Yang pertama menjemput saya dan Eki ke stasiun Madiun jam 9.30 dan kedua menjemput Adib dan Bahtiar ke terminal Madiun setelah solat Jum’at. Maaf ya Pa Darmuji, jadi merepotkan he….he….

Selain itu, agenda Workshop yang awalnya dimulai jam 2, jadi molor dimulai jam 3.30 setelah asar.  Dan semua jadwal akhirnya mundur.

Empat materi workshop disampaikan sampai Isya. Setelah itu dilanjutkan perencanaan produksi sampai jam 10 malam. Terbentuklah 4 kelompok produksi lengkap dengan pembagian tugas sebagai crew nya. Salut dech dengan semangat teman-teman peserta dari Prodi KPI ini.

Tanggal 11 pagi, sesuai perencanaan produksi semalam, peserta langsung ke lapangan liputan. Dengan bermodalkan 2 kamera Panasonic MD 10000, setiap kelompok bergantian liputan. Keterbatasan alat tidak mengurangi semangat peserta workshop.

Singkat kata, dari empat kelompok itu, yang berhasil produksi hanya 3 kelompok. Dan yang berhasil selesai edit, cuma satu, karena keterbatasan waktu workshop yang hanya sampai jam 4.30 tanggal 11. Karena kami harus kembali ke Jogja jam 6:05 dari stasiun Madiun naik kereta Sancaka Sore.

Di akhir workshop, dipilihlah ketua komunitas Lab. Audio Visual Prodi KPI STAIN Ponorogo, yaitu Sabi’ati secara aklamasi.

————————————————————–

Sepulang Workshop, komunikasi kami dengan peserta terus terjalin melalui FB. Projek mereka pun berlanjut dengan membuat profil prodi dan juga produksi acara Grebeg Syuro.

Bahkan barusan, dapat notification di FB dari salah satu peserta yang menunjukan bahwa mereka sudah mengirim video ke Net. CJ. Woooow kereeenn kreatifitas mereka!!!!! Salut dech!!!

Teruslah berkarya ya Sabi’ati, Umi, Humam, Arum, Huda, Arif, Mega, Hevy, Zahro, Ulul, Setia dkk, maaf kalau tidak saya sebutkan semua. Tapi saya YAKIN kalian punya potensi untuk memberikan kontribusi dalam pembuatan program-program acara televisi yang mendidik dan mencerdaskan di masa depan, tentunya dengan nilai-nilai agama khas STAIN Ponorogo.

Workshop STAIN Ponorogo 10-11 Okt 2014

 

http://www.euismarlina.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s